Sumpah Seorang Pemimpin

Ilustrasi Perang SalibShalahudin Al-Ayubbi, seorang panglima perang Islam terbesar di jamannya, tengah berhadap-hadapan dengan salah satu pemimpin perang terpenting dari pasukan Salib, Balian de Ibelin. Sang Panglima, memerintahkan pasukannya menghentikan pertempuran, dan dia seorang diri, maju ke depan menemui Panglima pasukan salib. Saat itu kondisi pertempuran dimenangkan oleh pasukan Islam dan kekalahan besar tengah menyergap pasukan Balian. Shalahuddin Al-Ayyubi meminta secara damai menyerahkan Yerusalem kepada kaum Muslimin dengan beberapa penawaran.

“Aku akan mengantarkan tiap jiwa dari kalian dengan aman ke wilayah Kristen, setiap jiwa dari kalian, wanita, anak-anak, orang tua, seluruh pasukan, komandan, bangsawan, dan juga Ratu kalian. Dan aku akan mengembalikan Raja kalian dan pada apa yang ALLAH SWT kehendaki atasNya.Tidak satupun dari kalian akan disakiti. Aku bersumpah!” , Shalahuddin menyampaikan tawarannya.

“Orang-orangku membantai setiap Muslim yang ada di dalam tembok kota Yerusalem ketika merebut kota ini dari kalian,” jawab Balian ragu.

“Aku bukan orang-orang seperti itu! Aku adalah Shalahuddin. Shalahudin Al-Ayyubi!” , tegas Shalahuddin.

Balian de Ibelin, terdiam terpaku, dia benar-benar terperangah dengan jawaban yang tidak diduganya.

“Jika demikian , dengan perjanjian ini aku menyerahkan Yerusalem kepada kalian,” Balian mengambil keputusan tanpa keraguan.

Demikian tegas dan akurat sebuah sumpah dari seorang Shalahuddin, karena apa yang dikatakan olehnya mencerminkan sebuah kebesaran jiwa seorang Pemenang yang sejati.

Dapatkah kita menjadikan kata-kata kita, menjadi sebuah sumpah bagi diri kita sendiri?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s